5/14/2020

Mengenal Aluminium Composite Panel berbagai merek di Indonesia


Aluminium Composite Panel lembaran aluminium ini kemudian dilapisi dengan menggunakan cat seperti PVDF ataupun yang dikenal dengan istilah PolyesterPada dasarnya material ini dipakai pada saat proses pembangunan untuk mendapatkan hasil yang kokoh dan juga daya tahan yang kuat, karena kita tahu untuk permasalahan utama dari sebuah bangunan biasanya sudah usang dengan beberapa bagian yang rentan dengan getaran karena kondisi cuaca yang tidak menentu, untuk karena itu penggunaan Aluminium Composite panel ( ACP ) ini menjadi pilihan.  Material ini memiliki bentuk lembaran dengan beragam warna yang bisa disesuaikan dengan warna cat bangunan anda, ataupun perbedaan warna ini terkadang membuat motif bangunan lebih elegan dan unik.

Tipe atau Jenis Aluminium Composite Panel ( ACP )

Berdasarkan dari tipe atau jenisnya sendiri, Aluminium Composite panel atau ACP ini dibedakan berdasarkan dari teksturnya dan cat yang digunakan. Pertama kalau kita melihat dari jenis tekstur sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu : Wood Texture Aluminium Composite Panel,  Mirror Finish Aluminium Composite Panel, Fire Proof Auminium Composiee Panel dan Brush Finish Aluminium Composite panel serta ada banyak jenis ACP berdasarkan dari teksturnya. Sedangkan kalau tipe atau jenis ACP berdasarkan dari warna cat dibedakan menjadi 2 jenis, pertama Aluminium Composite Panel tipe Polyester ( PE ) dan Aluminium Composite Panel tipe PVDF ( Poly Vinly de Floride ). Nah, sampai disini seharusnya anda sudah memahami lebih dalam tentang apa itu aluminium Composite panel hingga jenis dan fungsinya sendiri. Perbedaan jenis dari kedua cat ini, khusus untuk yang tipe PVDF ini banyak difungsikan untuk lapisan dinding pada tampilan luar atau outdoor karena lebih kuat dan tahan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Jadi, tinggal anda pilih sesuai dengan kebutuhan dari beberapa jenis ACP yang sudah kami sebutkan.

Apa keunggulan dari Aluminium Composite Panel ( ACP ) ini ?

Berdasarkan dari kegunaan dan aplikasinya untuk bangunan, ACP memiliki banyak keunggulan atau kelebihan yang mungkin cukup penasaran ingin anda ketahui. Berdasarkan dari bahan yang dipakai pembuatan ACP, bisa disimpulkan kalau material ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan material lain yang memiliki fungsi yang sama. Mulai dari tahan karat, kekuatan yang lebih kokoh dibandingkan material lain, biaya perakitan atau pemasangan jauh lebih murah karena komponen tidak terlalu banyak yang dipakai seperti contoh baut ataupun agregrat lainnya. Sedangkan untuk sifat dasar dari Auminium Composite Panel ini lebih keras tetapi ringan dalam berat karena terbuat dari aluminium yang berkualitas. Selain itu juga, anda bisa memberi warna ACP ini sesuai dengan kebutuhan yang bisa disesuaikan dengan warna gedung perkantoran. Menariknya, ketika anda memakai ACP untuk desain finishing interior maupun eksterior, warna bisa anda pilih dengan memakai pola imitasi sperti contoh kayu dan marmer.

Berdasarkan dari kelebihan yang sudah kita pahami, ACP juga memiliki kekurangan yang mungkin ingin anda ketahui juga, pertama kekurangan dari ACP ini terletak pada kekuatannya untuk menahan angin kencang yang masih kurang, sehingga menimbulkan konstruksi yang kurang baik. Sedangkan kekurangan lain dari penggunaan ACP juga pada tekanan suhu tinggi yang bisa membuatnya menjadi menggelembung dan mengakibatkan permukaan menjadi tidak rata dan terakhir kekurangannya terletak dari bahan ACP ini terbuat dari Polyethylene, sehingga kalau terkena suhu panas bisa mengeluarkan gas beracun yang diakibatkan dari lem pengikat lapisan.

Bagaimana Cara Memasang Aluminium Composite Panel ?

Umumnya pemasangan ACP ini dilakukan oleh para teknisi yang sudah profesional dalam proses pelapisan dinding dan pembuatan interior bangunan menjadi lebih minimalis dan elegan. Secara sederhanya, bagi orang awam akan merasa kesulitan untuk melakukan proses pemasangan sendiri. Maka dari itu, kami menyarankan beberapa cara pemasangan ACP yang baik dan benar melalui beberapa hal dibawah ini.

*     Percayakan saja pada kontraktor ataupun perusahaan yang sudah familiar dengan proses pemasangan ACP ini, anda bisa menghubungi ACP Surya Jaya Aluminium untuk meminta bantuan proses pemasangan.

*      Pada proses pemasangan ACP juga harus memastikan pada dinding terutama untuk plasteran harus benar-benar rapi dan bersih sehingga siap untuk dipasangi bracket.

*      Tahap pemasangan berikutnya, jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, jangan lupa untuk melakukan proses marking dengan seksama dan teliti

*      Pastikan juga Aluminium Composite Panel terpasang sesuai dengan kebutuhan rungan dan tidak ada area yang renggang. Khusus untuk bagian outdoor bisa memakai jenis Finishing PVDF.

Aplikasi Aluminium Composite Panel

Secara umum pengaplikasian ACP ini untuk keperluan komersil, berikut ini adalah beberapa daftar pengaplikasian ACP.

-          Billboards

-          Display Unit

-          Bank

-          Sekolahan dan Kampus

-          Papan iklan

-          Pertokoan atau ruko

-          SPBU

-          Gedung bertingkat

-          Interior dan Eksterior bangunan lama

-          Dan masih banyak lagi yang lainnya

 

Harga ACP per lembar

Aluminium Composite panel ini juga memiliki merek serta harga yang kisarannya setiap produsen memiliki patokan yang berbeda. Adapun mereknya bisa anda lihat dibawah ini.

-    PE ( Polyester ) biasanya memiliki ketebalan 0.21 mm dan total tebal dari material sekitar 4 mm. Banyak dipakai untuk kebutuhan indoor sebuah ruangan

-      PVDF ( Polyviny DiFluoride ) memiliki ketebalan mencapai 0.33 mm, total ketebalan keseluruhannya sekitar 0.5 mm dan cocok sekali dipasang untuk bagian luar atau outdoor.

Harga dari setiap msing-masing merek untuk per lembarnya berbeda-beda, anda bisa langsung menghubungi kami untuk mengetahui harga terbaru  ACP per lembarnya. Sekain informasi mengenai pengertian apa itu Aluminium Composite Panel atau ACP beserta fungsi dan kelebihannya. Terimakasih.